Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ternyata Begini Cara Membuat AC Dingin Kembali

Ternyata Begini Cara Membuat AC Dingin Kembali, pendingin hawa tiba dalam bermacam wujud serta dimensi, namun seluruhnya beroperasi pada premis bawah yang sama. AC sediakan hawa dingin di dalam rumah ataupun ruang tertutup Kamu dengan betul- betul melenyapkan panas serta kelembaban dari hawa dalam ruangan.

Ternyata Begini Cara Membuat AC Dingin Kembali

Perihal ini mengembalikan hawa yang didinginkan ke dalam ruangan, serta mentransfer panas serta kelembaban yang tidak di idamkan ke luar. Suatu AC ataupun sistem pendingin standar memakai bahan kimia spesial yang diucap refrigeran, serta mempunyai 3 komponen mekanis utama:

  1. kompresor
  2. kondensor
  3. kumparan evaporator
  4. blower
  5. zat pendingin kimia

Komponen- komponen ini bekerja sama buat dengan kilat mengganti refrigeran dari gas jadi cair serta kembali lagi. Kompresor menaikkan tekanan serta temperatur gas pendingin serta mengirimkannya ke koil kondensor di mana dia diganti jadi cairan. Setelah itu refrigeran kembali ke dalam ruangan serta masuk ke koil evaporator.

Di mari refrigeran cair menguap, serta mendinginkan koil dalam ruangan. Suatu kipas meniupkan hawa dalam ruangan melintasi coil evaporator dingin di mana panas di dalam rumah diserap ke dalam zat pendingin. Hawa yang didinginkan setelah itu disirkulasikan ke segala rumah sedangkan gas evaporasi yang dipanaskan dikirim kembali ke luar ke kompresor. Panas setelah itu dilepaskan ke hawa luar dikala refrigeran kembali ke kondisi cair. Siklus ini bersinambung hingga rumah Kamu menggapai temperatur yang di idamkan.

sebagian besar unit AC sentral beroperasi dengan sistem split. Maksudnya, mereka terdiri dari sisi panas, ataupun unit kondensasi tercantum koil kondensasi, kompresor, serta kipas yang terletak di luar rumah Kamu, serta sisi dingin yang terletak di dalam rumah Kamu.

Sisi dingin terdiri dari katup perluasan serta kumparan dingin, serta umumnya ialah bagian dari tungku Kamu ataupun sebagian tipe penangan hawa. Tungku meniup hawa lewat coil evaporator, yang mendinginkan hawa. Setelah itu hawa sejuk ini disalurkan ke segala rumah Kamu lewat serangkaian saluran hawa. Unit jendela beroperasi pada prinsip yang sama, salah satunya perbandingan merupakan kalau sisi panas serta sisi dingin terletak di dalam unit rumah yang sama.

Kompresor( yang dikendalikan oleh thermostat) merupakan jantung dari sistem. Kompresor berperan selaku pompa, menimbulkan refrigeran mengalir lewat sistem. Tugasnya merupakan buat menarik tekanan rendah, temperatur rendah, refrigeran dalam kondisi gas serta dengan mengompresi gas ini, menaikkan tekanan serta temperatur refrigeran. Gas bertekanan besar serta bertemperatur besar ini setelah itu mengalir ke koil kondensor.

Saat ini sehabis Kamu mempunyai uraian bawah tentang metode kerja AC, ayo kita gali lebih dalam serta jelaskan segala prosesnya.

Termostat, yang umumnya dipasang di bilik di posisi sentral di dalam rumah, memantau serta mengendalikan temperatur hawa dalam ruangan. Proses pendinginan diawali kala termostat merasakan temperatur hawa butuh diturunkan serta mengirimkan sinyal ke komponen sistem pendingin hawa baik di dalam ataupun di luar rumah buat mulai bekerja.

Kipas dari unit dalam- ruang menarik hawa panas dari dalam rumah lewat saluran hawa balik. Hawa ini melewati filter tempat debu, serat, serta partikel hawa yang lain dikumpulkan. Hawa dalam ruangan yang hangat serta disaring setelah itu melewati coil evaporator dingin. Dikala refrigeran cair di dalam coil evaporator berganti jadi gas, panas dari hawa dalam ruangan diserap ke dalam refrigeran, sehingga mendinginkan hawa dikala melewati koil.

Gas refrigerant meninggalkan rumah lewat tabung tembaga serta masuk ke kompresor di unit AC di luar. Pikirkan kompresor selaku pompa listrik besar. Kompresor memencet gas refrigerant serta mengirimkan refrigeran ke koil kondensor unit outdoor.

Kipas besar menarik hawa luar lewat koil kondensor, membolehkan hawa meresap tenaga panas dari rumah serta melepaskannya ke luar. Sepanjang proses ini, refrigeran diganti kembali jadi cairan. Setelah itu berjalan lewat tabung tembaga kembali ke unit dalam ruangan di mana dia melewati fitur perluasan, yang mengendalikan aliran refrigeran ke koil evaporator. Refrigeran dingin setelah itu meresap lebih banyak panas dari hawa dalam ruangan serta siklus bersinambung.

Tipe AC

Semacam yang Kamu amati, mengajukan persoalan" gimana metode kerja AC" bisa menciptakan uraian yang sangat simpel ataupun sangat rumit. Sama halnya dengan mendeskripsikan jenis- jenis AC. Serta sebab ruangan tiba dalam bermacam wujud serta dimensi sistem pendingin hawa perumahan pula ada dalam bermacam style serta konfigurasi yang cocok. Terdapat 3 tipe utama:

AC split- system

AC kemasan

AC tanpa saluran

Tiap- tiap mempunyai khasiat spesial, namun mereka seluruh pada dasarnya melaksanakan perihal yang sama buatnya sejuk di dalam rumah Kamu. Tipe sistem pendingin yang sangat sesuai buat Kamu tergantung pada posisi geografis Kamu, dimensi serta keterbatasan raga rumah Kamu, serta metode Kamu memakainya.

PENDINGIN Hawa SISTEM TERPISAH

Sistem split menawarkan jawaban sangat universal buat persoalan," apa itu AC sentral?" Sistem ini mencakup unit indoor serta unit outdoor. Unit dalam ruangan, umumnya tungku ataupun koil kipas, tercantum koil evaporator serta kipas peniup( penangan hawa) yang mensirkulasikan hawa ke segala rumah. Unit outdoor memegang kompresor serta koil kondensor.

Pendingin hawa sistem split sediakan bermacam opsi, tercantum sistem satu sesi bawah, sistem 2 sesi yang lebih tenang serta lebih efektif, serta sistem multi- tahap yang sangat tenang serta sangat hemat tenaga. AC sistem split menawarkan kontrol temperatur yang tidak berubah- ubah serta andal ke segala rumah. Serta, sebab sistem ini memakai filter di pengendali hawa dalam ruangan, sistem ini bisa mensterilkan hawa Kamu dikala didinginkan.

PENDINGIN Hawa DALAM KEMASAN

Sistem paket merupakan pemecahan all- in- one, sistem yang dikemas berisi koil evaporator, kipas blower, kompresor, serta koil kondensasi seluruhnya dalam satu unit. Mereka bekerja dengan baik kala tidak terdapat lumayan ruang di loteng ataupun lemari buat unit indoor AC split- system.

Mereka pula ialah opsi yang baik di zona di mana instalasi atap lebih disukai. Semacam sistem split, sistem paket menarik hawa hangat dari rumah, lewat saluran hawa balik, ke bagian koil evaporator. Hawa melewati koil evaporator serta hawa yang lebih dingin kembali ke rumah lewat saluran pasokan hawa. Serta, semacam halnya sistem split, panas yang tidak di idamkan dilepaskan ke luar lewat koil kondensor.

Sistem yang dikemas pula menawarkan bermacam opsi buat membagikan efisiensi tenaga yang lebih baik. Mereka ada dalam sistem 2 sesi serta sistem satu sesi. Model efisiensi yang lebih besar tercantum kipas blower multi- kecepatan. Di Amerika Serikat, sistem paket sangat universal di daerah selatan serta barat energi negeri itu.

PENDINGIN Hawa TANPA SALURAN

Sistem tanpa saluran tidak dikira selaku sistem hawa sentral sebab membagikan pendinginan ke zona tertentu yang ditargetkan di dalam rumah. Mereka memerlukan instalasi yang kurang invasif sebab, semacam namanya, mereka tidak tergantung pada saluran buat mendistribusikan hawa dingin.

Semacam sistem split, sistem ductless tercantum unit luar ruangan serta paling tidak satu unit dalam ruangan, dihubungkan oleh pipa pendingin tembaga. Dalam sistem tanpa saluran, tiap unit dalam ruangan dirancang buat sediakan hawa sejuk cuma buat ruangan tempat unit tersebut dipasang.

Unit indoor bisa dipasang di bilik, di langit- langit, ataupun di lantai. Sebagian sistem tanpa saluran bisa mencakup sebagian unit dalam ruangan yang tersambung ke satu unit luar ruangan. Terlepas dari jumlah unit dalam ruangan, pengoperasiannya mirip dengan sistem split. Unit indoor berisi coil evaporator serta kipas blower buat menarik hawa hangat dari ruangan, melintasi coil evaporator yang dingin, kemudian kembalikan hawa yang lebih dingin ke dalam ruangan.

Refrigeran mengalir lewat pipa tembaga ke unit luar tempat koil kompresor serta kondensor terletak. Panas dari dalam dilepaskan lewat koil kondensor luar. Refrigeran kembali ke unit dalam- ruang, serta siklus bersinambung.

Sistem fleksibel ini membagikan kenyamanan yang pas di zona dimana unit dalam ruangan ditempatkan. Mereka pula berperan semacam sistem zonasi dengan menawarkan kontrol temperatur orang atas tiap ruangan yang terpisah.

Misalnya, bila Kamu menginginkan kantor rumah yang lebih sejuk namun kamar tidur yang lebih hangat, pasang unit tanpa saluran di tiap ruangan. Saat ini Kamu bisa mengendalikan temperatur yang berbeda di tiap ruangan bergantung pada kebutuhan kenyamanan Kamu.

Terlepas dari tipe sistem mana yang berperan buat rumah ataupun properti Kamu, mengenali jawaban buat“ gimana metode kerja AC?” bisa menolong Kamu memilah sistem yang sangat cocok dengan kebutuhan Kamu. Terimakasih sudah berkunjung di republikgamers.

Post a Comment for "Ternyata Begini Cara Membuat AC Dingin Kembali"